- Struktur Kurikulum
Pada tahun pelajaran 2020/2021 struktur kurikulum disusun berdasarkan Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar sebagai berikut:
- Beban belajar di Sekolah Dasar dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu.
- Beban belajar satu minggu Kelas I adalah 30 jam pembelajaran.
- Beban belajar satu minggu Kelas II adalah 32 jam pembelajaran.
- Beban belajar satu minggu Kelas III adalah 34 jam pembelajaran.
- Beban belajar satu minggu Kelas I adalah 30 jam pembelajaran.
Setelah ditambah muatan lokal Bahasa Jawa beban belajar kelas I, II, III menjadi 32, 34, dan 36.
- Durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
- Beban belajar di Kelas I, II, dan III dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.
- Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.
- Beban belajar di Kelas I, II, dan III dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.
Berdasarkan ketentuan di atas maka beban belajar setelah ditambah muatan lokal Bahasa Jawa, untuk kelas I, II, III, adalah 32, 34, dan 36 jam pelajaran. Beban belajar tahun pelajaran 2020/2021 SD IT Mu’adz Bin Jabal sebanyak 35,8 minggu.
B. Muatan Kurikulum
- Muatan Mata Pelajaran
Berdasarkan kompetensi inti disusun mata pelajaran dan alokasi waktu yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Susunan mata pelajaran dan alokasi waktu untuk SD IT Mu’adz Bin Jabal sebagai berikut.
Struktur Kurikulum 2013
No | Matapelajaran | Kelas/Alokasi Waktu | ||
I | II | III | ||
Kelompok A | ||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 4 | 4 | 4 |
2 | Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan | 5 | 5 | 6 |
3 | Bahasa Indonesia | 8 | 9 | 10 |
4 | Matematika | 5 | 6 | 6 |
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | – | ||
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | – | ||
Kelompok B | ||||
1 | Seni Budaya dan Prakarya | 4 | 4 | 4 |
2 | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 4 | 4 | 4 |
3 | Bahasa Jawa | 2 | 2 | 2 |
Jumlah | 32 | 34 | 36 | |
Muatan Khusus | ||||
1 | Bahasa Arab | 1 | 1 | 1 |
2 | Tahfidzul Qur’an | 1 | 1 | 1 |
3 | Baca Qur’an | 2 | 2 | 2 |
4 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
5 | Bahasa Inggris | 1 | 1 | 1 |
Jumlah | 7 | 7 | 7 |
- Muatan Lokal
Muatan lokal SD IT Mu’adz Bin Jabal adalah Bahasa Jawa. Bahasa Jawa sebagai muatan lokal wajib.
- Pengembangan Diri/ Kegiatan Ektrakurikuler
Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri yang dilakukan di SD IT Mu’adz Bin Jabal meliputi kegiatan terprogram dan kegiatan tidak terprogram.
a. Kegiatan Terprogram
Kegiatan terprogram meliputi dua komponen:
- Psiko-Edukatif
Kegiatan psiko-edukatif dilakukan melalui pelayanan yang berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karier peserta didik. Psiko-edukatif di SD IT Mu’adz Bin Jabal dibimbing oleh guru kelas.
- Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler di SD IT Mu’adz Bin Jabal dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu:
a) Ekstrakurikuler wajib:
Ekstrakurikuler yang sifatnya wajib meliputi kegiatan Keagamaan, Kegiatan Kepramukaan, Pengamalan Pancasila melalui kegiatan gotongroyong, Kegiatan Pengenalan Budaya Kemataraman, Renang dan Panahan.
b) Ekstrakurikuler pilihan
Ekstrakurikuler yang dipilih oleh anak maupun atas arahan guru adalah: Taekwondo, Dokter Kecil, Sepak Bola, Seni Lukis, dan Calistung
- Kegiatan tidak Terprogram
Kegiatan tidak terprogram dalam wujud pembiasaan meliputi kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik yang dilakukan secara rutin, spontan, dan keteladanan.
Pengembangan Diri Melalui Program Pembiasaan
No | Rutin | Spontan | Keteladanan |
1 | Baris sebelum masuk | Senyum, Sapa, Sambut, Salam | Jujur |
2 | Berjabat tangan dengan guru | Jabat tangan | Sopan/santun |
3 | Hormat pada guru | Membuang sampah di tempatnya | Berpakaian rapi |
4 | Hormat bendera | Menolong teman yang kesusahan. | Hidup sederhana |
5 | Menyanyi Indonesia Raya | Membiasakan antri | Budaya baca |
6 | Menghafal surat-surat (Islam) | Membiasakan mengatasi silang pendapat dengan benar | Disiplin waktu |
7 | Upacara Bendera | Memberi pertolongan | Cinta lingkungan |
8 | Sholat berjamaah | Unggah-ungguh basa | |
9 | Membaca di perpustakaan | ||
10 | Jumat bersih | ||
11 | Upacara Hardiknas. Harkitnas, HUT RI, Hari Pahlawan | ||
12 | Kegiatan pesantren Romadhan, Idul Fitri (zakat fitrah, Syawalan), Idul adha, Studi Wisata | ||
13 | Senam | ||
14 | Mencuci piring dan gelas milik siswa sendiri | ||
15 | Merapikan sandal dan sepatu milik siswa sendiri | ||
16 | Menyiram tanaman milik siswa sendiri |
- Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100. SD IT Mu’adz Bin Jabal menetapkan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) sebagai berikut:
Tabel 9
Standar Ketuntasan Belajar Minimal
No | Mata Pelajaran | SKBM | ||
Kelas | ||||
Kelompok A | I | II | III | |
1 | Pendidikan Agama | 76 | 76 | 76 |
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 76 | 76 | 76 |
3 | Bahasa Indonesia | 75 | 75 | 75 |
4 | Matematika | 73 | 73 | 73 |
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | – | – | |
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | – | – | |
Kelompok B | ||||
7 | Seni Budaya dan Keterampilan | 77 | 77 | 77 |
8 | Pendidikan Jasorkes | 76 | 76 | 76 |
9 | Bahasa Jawa | 73 | 73 | 73 |
Muatan Khusus | ||||
1 | Bahasa Arab | 73 | 73 | 73 |
2 | Tahfidzul Qur’an | 76 | 76 | 76 |
3 | Baca Qur’an | 76 | 76 | 76 |
4 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 75 | 75 | 75 |
5 | Bahasa Inggris | 75 | 75 | 75 |
Pengembangan Diri Wajib | ||||
Keagamaan | B | B | B | |
Kepanduan | B | B | B | |
Kemataraman | B | B | B | |
Pengamalan Pancasila | B | B | B | |
Panahan | – | – | B | |
Pengembangan Diri Pilihan | ||||
Sepak Bola | B | B | B | |
Calistung | B | B | B | |
Taekwondo | – | B | B | |
Dokter Kecil | B | B | B |
- Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria dan penentuan kenaikan kelas adalah sebagai berikut:
- Kriteria Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun. Siswa dinyatakan naik kelas apabila:
- Sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester yang diikuti.
- Nilai rapor diambil dari nilai observasi, penilaian harian, nilai tugas/PR, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester/tahun.
- Nilai sikap minimal baik pada semester yang diikuti.
- Nilai pengembangan diri minimal baik
- Kehadiran peserta didik minimal 80%
- Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas apabila hasil belajar dari paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran pada kompetensi pengetahuan, keterampilan belum tuntas dan/atau sikap belum baik.
- KKM ketuntasan ditetapkan dari KKM sekolah yang paling rendah yaitu 73
Tabel 12
Standar Ketuntasan Belajar Minimal Kelas I s.d. VI
Sikap | Pengetahuan | Keterampilan | |||
Capaian | Predikat | Skor Rerata | Huruf | Capaian Optimum | Huruf |
Sangat baik | A | 91 – 100 | A | 91 – 100 | A |
Baik | B | 82 – 90 | B | 82 – 90 | B |
Cukup | C | 73 – 81 | C | 73 – 81 | C |
Perlu bimbingan | D | < 73 | D | < 73 | D |
- Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan berbasis keunggulan lokal, dan global SD IT Mu’adz Bin Jabal adalah sebagai berikut;
- Pendidikan berbasis keunggulan lokal
SD IT Mu’adz Bin Jabal memilih pendidikan berbasis keunggulan lokal berupa membatik, menyanyikan lagu daerah, mengenalkan cara membuat makanan & minuman tradisional yang pelaksanaannya pada kegiatan pengembangan diri.
- Pendidikan berbasis keunggulan global
Guna menyongsong era globalisai SD IT Mu’adz Bin Jabal secara menyeluruh telah dikenalkan Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) terhadap peserta didik.
- Literasi
SD IT Mu’adz Bin Jabal menerapkan budaya literasi, yaitu dengan mengajak siswa untuk membaca buku dengan cara dipandu guru saat pembelajaran dan pada saat anak-anak selesai membaca atau hafalan pada mata pelajaran BTQ. Selain itu, membiasakan untuk pinjam buku perpustakaan pada saat istirahat, dan membuat mading.